Kereta Lori Molek - Wisata Bengkulu Kereta Lori Molek ~ Wisata Bengkulu

Monday, October 1, 2012

Kereta Lori Molek

desa lebong tandai berada diatas pegunungan sekitar 400m dpl. kota terdekat yang berada dibawahnya adalah desa napal putih. dari napal putih inilah bekas rel lori pertambangan membentang menuju lebong tandai sejauh 33.5 km (kira2 sejarak jakarta-depok). dapat dikatakan napal putih adalah starting point dari perjalanan kereta lori si molek menuju lebong tandai diatasnya. moda ini berdimensi kira2 seukuran mobil angkot yang diberi mesin diesel 10 PK atau setara dengan daya 1 sepeda motor. daya angkut 10 orang dengan tarif 20ribu sekali jalan. waktu tempuh napal putih-lebong tandai sekitar 4 jam.


ternyata medan yang dilalui sangat2 menantang. rel lori yang mungil menapak di pinggir2 tebing dan jurang, masuk hutan lebat, menyebrangi jembatan kurung besi yang lumayan panjang dengan sungai yang penuh bebatuan dibawahnya. bahkan ada 3 buat tunel dengan panjang bervariasi mulai 50 sampai 300 meter. yang cukup mendebarkan saat menyebrangi sebuah jembatan rangka kayu yang nyaris ambruk tinggal rel dan bantalan saja menggantung, maka penumpang semua turun dari lori agar si molek bisa menyebrang tanpa beban. jika melihat acara tersebut rasa-rasanya seperti melihat film petualangan indiana jones saja.

uniknya, karena rel lori ini merupakan single track, maka para pengemudi molek ini lebih memilih perjalanan secara konvoi satu arah. apabila ada molek yang mogok atau terpaksa bertemu ditengah jalan, maka salah satunya terpaksa mengalah dengan menyingkirkannya dari rel untuk memberikan jalan kepada molek2 yang lain.

sayangnya beberapa waktu yang lalu rel lori ini benar2 terputus akibat longsor. entah apakah sudah diperbaiki oleh pemerintah, yang pasti masyarakat lebong tandai telah berkali2 mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah daerah bengkulu, agar jalur rel lori ini segera diperbaiki. karena ini merupakan satu-satunya akses moda transportasi bagi masyarakat setempat.

untuk foto dan gambar, sebenarnya ada banyak kalau di cari di google. namun mohon maaf untuk di forum ini demi menjaga privasi dan hak cipta dari pemilik foto, maka saya hanya bisa memberikan beberapa link2nya saja dibawah ini.

0 comments:

Post a Comment