Rengginang - Wisata Bengkulu Rengginang ~ Wisata Bengkulu

Wednesday, October 3, 2012

Rengginang

Rengginang
 rengginang adalah makanan yang terbuat dari ketan yang direbus kemudian di keringkan

Bahan utama : Beras Ketan (beras ketan putih atau hitam)
Bumbu : Bawang, udang, trasi, gula pasir, garam, dan lainnya. Untuk bumbu yang ditambahkan, macam dan takarannya sangat tergantung pada rasa rengginang yang diinginkan. Dalam hal ini sangat tergantung dari kreativitas dan daya inovasi kita untuk menghasilkan rasa rengginang yang khas dan enak. Contoh variasi Rasa rengginang yang telah diproduksi di pasaran adalah Rasa bawang, trasi, udang, gula merah coklat, manis gula merah, nangka, durian, melon, dan lainnya.

Proses Pembuatan Rengginang:

  1.  Beras ketan dibersihkan dari kotoran dan sisa-sisa gabah ataupun sekam kalau masih ada.
  2. Selanjutnya dicuci bersih, kemudian direndam dalam air selama 3-4 jam (beberapa jenis lain bahkan sampai 12 jam). Untuk lama perendaman ini sangat tergantung pada jenis beras ketan yang digunakan. Pada intinya proses perendaman ini adalah proses untuk memberi kesempatan terjadinya penetrasi air kedalam butiran beras ketan, sehingga proses pemasakan atau gelatinisasi pati nantinya berjalan dengan sempurna.
  3. Setelah direndam, beras ketan selanjutnya ditiriskan.
  4. Proses selanjutnya beras ketan dikukus. Sampai tahap ini, ada yang dikukus ½ matang kemudian ditambahkan / dicampur bumbu-bumbu kemudian dimasak kembali hingga matang, dan selanjutnya langsung dicetak. Variasi proses yang lain, beras ketan dikukus sampai ¾ matang dan selanjutnya ditambahkan bumbu dan dicampur merata. Pada variasi ini tidak lagi dilakukan pengukusan lagi melainkan langsung dicetak.
  5. Proses pencetakan. Pada umumnya pencetakan dilakukan secara manual dengan bantuan pola cetakan dari bambu atau potongan pipa pralon.
  6. Rengginang cetak manual yang dihasilkan tersebut selanjutnya dijemur hingga kering (2-4 hari), tergantung kondisi cuaca.
  7. Proses terakhir adalah penggorengan dan pengemasan.
  8. Usahakan pengemasan yang menarik, diseal atau diikat dengan rapat agar tidak mlempem, lengkapi kemasan dengan informasi-informasi penting tentang produsen dan produk sesuai dengan persyaratan PIRT.

0 comments:

Post a Comment