Suku Rejang Bengkulu - Wisata Bengkulu Suku Rejang Bengkulu ~ Wisata Bengkulu

Thursday, October 25, 2012

Suku Rejang Bengkulu

Suku Rejang Tinggal Di Pulau Sumatra, Terutama Di Provinsi Bengkulu Dan Sumatra Selatan. Umumnya Mereka Tinggal Di Daerah Yang Dingin Seperti Di Bukit Barisan. Sebagian Besar Wilayah Orang Rejang Masih Berhutan Lebat.

Mata Pencharian Utama Masyarakat Rejang Adalah Bercocok Tanam.
Usaha Lainnya Adalah : Peternakan, Pertukang Kayu, Penebang Kayu, Penangkap Ikan Di Sungai, Penyadap Karet, Atau Bekerja Di Perkebunan Dan Pengolahan Kayu. Mereka Juga Melakukan Pengalian Batu Bara, Perak, Timah, Emas, Seng, Tembaga, Dan Belerang Yang Masih Di Kerjakan Dengan Cara Tradisional.
Pola Pemukiman Orang Rejang Adalah Rumah Panggung Di Atas Tiang-Tiang Setinggi 1,5-2 M Di Atas Permukaan Tanah. Desa Orang Rejang Biasa Disebut Marga , Ini Merupakan Daerah Adminitratif Pemerintah Yang Di Kepalai Oleh Seorang Ginde ( Pimpinan Tradisional ), Yang Di Bantu Oleh Seorang Penggao. Dalam Adat Orang Rejang Pegawai Pemerintahan Juga Merupakan Pemimpin Tradisional, Yang Juga Di Sebut Raja Penghulu. Selain Itu Ada Orang Yang Di Anggap Sesepuh Desa Yang Di Sebut Tua Dusun. Orang Rejang Menyebutnya Tuai Kutai, Seorang Persona Grata, Seorang Penasehat, Dan Selalu Di Tunjuk Sebagai Pimpinan Tertua Dalam Upacara-Upacara Tradisional. Sebagian Besar Orang Rejang Beragama Islam. Namun Demikian Kepercayaan Animisme Masih Menjadi Bagian Intergal Dari Kepercayaan Dan Kebiasaan Hidup Orang Rejang.

0 comments:

Post a Comment