Suku Serawai - Wisata Bengkulu Suku Serawai ~ Wisata Bengkulu

Thursday, October 25, 2012

Suku Serawai

Suku Serawai Adalah Suku Bangsa Dengan Populasi Terbesar Ke 2 Yang Hidup Di Daerah Bengkulu. Sebagian Besar Masyarakat Suku Serawai Berdiam Di Kabupaten Bengkulu Selatan, Yakni Kecamatan Suka Raja, Seluma, Talo, Pino, Kelutum, Manna Dan Seginim. Suku Serawai Memiliki Mobilitas Yang Cuku Tinggi, Saat Ini Banyak Di Antara Mereka Merantau Ke Daerah-Daerah Lain Untuk Mencari Penghidupan Baru, Seperti Ke Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong, Bengkulu Utara Dan Sebagainya.

Secara Tradisional, Suku Serawai Hidup Dari Sektor Pertanian, Khusunya Perkebunan. Banyk Di Antara Mereka Mengusahakan Tanaman Perkebunan Atau Jenis Tanaman Keras, Misalnya Cengkeh, Kopi, Kelapa Dan Karet. Meskipun Demikian, Mereka Juga Mengusahakan Tanaman Pangan Palawija, Hortikultura Dan Peternakan Untuk Bertahan Hidup.
Suku Bangsa Serawai Telah Memiliki Tulisan Sendiri. Tulisan Itu Seperti Aksara Kaganga,Disebut Oleh Para Ahli Sebagai Huruf Rancong. Suku Serawai Sendiri Menamai Tuisan Itu Sebagai Surat Ulu. Susunan Huruf Dalam Surat Ulu Sangat Mirip Dengan Aksara Kaganga. Oleh Sebab Itu, Tidak Aneh Apabila Pada Massa Lau Para Pimpinan-Pimpinan Suku Rejang Dan Serawai Dapat Saling Berkomunikasi Dengan Menggunakan Bentuk Tulisan Ini.

0 comments:

Post a Comment