Kesenian Barong Londong Bengkulu, Yang Nyaris Punah - Wisata Bengkulu Kesenian Barong Londong Bengkulu, Yang Nyaris Punah ~ Wisata Bengkulu

Monday, November 5, 2012

Kesenian Barong Londong Bengkulu, Yang Nyaris Punah

Kesenian Rakyat Barong Londng Yang Merupakan Permainan Tradisional Yang Mirip Dengan Ondel-Ondel Di Provinsi Bengkulu Terancam Punah.

Apabila Kesenian Barong Londong Tidak Dilestarikan, Bisa Terancam Hilang, Terbukti Saat Ini Masyarakat Yang Melihat Kesenian Itu, Mengira Ondel-Ondel.
Kesenian Barong Londong Terakhir Di Mainkan Pada Tahun 1959-1960 Disebuah Pasar Malam, Untuk Memperkenalkan Kembali Kesenian Tersebut Dihadapan Publik Maka Akan Di Tampilkan Pada Vestifal Tabot Yang Akan Diselengarakan 14-24 November 2012.
Barong Londong Merupakan Permainan Rakyat Yang Di Ciptakan Sebagai Ungkapan Rasa Syukur Setelah Panen Padi
Barong Londng Merupakan Sejenis Alat Permainan Yang Berbentuk Manusia Raksasa. Alat Permainan Tersebuat Terbuat Dari Lukah/Bubuh Penangkap Ikan, Diberi Tangan Dan Kepala Seperti Manusia Berparas Lelaki Dan Perempuan, Dan DIdandani Seperti Pengantin Tradisional Bengkulu
Barong Londong Tersebut Didandani Dengan Memakai Topi Yang Disebut Singal Dan Pada Zaman Dahulu Menggunakan Kain Blongsong Yang Bersulam Benang Emas. Saat Ini Kain Tersebut Sudah Sulit Dicari Dan Diganti Dengan Kain Basurek Khas Bengkulu.
Barong Londong Yang Mempunyai Berat Masing-Masing Sekitar 15 Kg Tersebut Di Mainkan Dengan Gerakan-Gerakan Oleh Orang Yang Masuk Di Dalamnya Dengan Di Iringi Musik Kulintang Dan Dol Dengan Penari Dengan Jumlah Keseluruhan 10 Orang.
Sya Mohon Maaf Kepada Para Pembaca Karena Saya Belum Dapat Menampilkan Foto-Foto Barong Londong, Mungkin Di Lain Kesempatan Saya Akan Menampilkan Fotonya.

0 comments:

Post a Comment